Menuju Politeknik Negeri, POLINDRA Serahkan Aset Ke Kemdikbud

22 September 2014 Admin

Jakarta, Kemdikbud - Pemerintah daerah Jawa Barat serahkan aset dua perguruan tingginya kepada Kemdikbud. Penyerahan aset ini merupakan bagian dari rangkaian penegerian dua perguruan tinggi tersebut. Keduanya adalah Universitas Singaperbangsa Karawang dan Politeknik Indramayu.

Prosesi serah terima dilakukan di kantor Kemdikbud, Jumat (19/09/2014), dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemda Jabar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyudin Zarkasyi, dan Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im. Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangi nota kesepahaman antara Sekjen Kemdikbud dengan Bupati Indramayu, dan Wakil Bupati Karawang, disaksikan Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Dikti, Hermawan Kresno Dipojono.

Aset yang diserahkan ke Kemdikbud berupa lahan, bangunan, peralatan, mesin, dan sumber daya manusia. Untuk Politeknik Indramayu, aset lahan yang diserahkan adalah seluas 106.435 m2 dengan nilai lebih dari Rp62 miliar, dan aset lainnya senilai lebih dari Rp31 miliar.

Sedangkan untuk Universitas Singaperbangsa di Karawang, aset lahan yang diserahkan nilainya mencapai Rp66 miliar, dan aset lainnya senilai Rp44 miliar. Dengan penyerahan aset ini, proses penegerian kedua perguruan tinggi ini tinggal selangkah lagi, yaitu peresmian.

Di berbagai kesempatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, penegerian PTS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi. Ada beberapa alasan mengapa penegerian PTS dibutuhkan. Mendikbud mengatakan, penegerian selain dilakukan di wilayah yang terdepan atau perbatasan, juga dilakukan di daerah yang sama sekali belum memiliki PTN. "Di daerah-daerah seperti itulah negara harus hadir," katanya. (Aline Rogeleonick)

Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3244

BAGIKAN: