Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika Bagi Angkatan Kerja Muda di Kabupaten Indramayu

2 Oktober 2019 Admin

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan dan/atau keahlian (skills) serta sikap kerja (attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebagai leading sector bidang komunikasi dan informatika memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga siap memasuki pasar kerja di tingkat nasional maupun pasar global. Untuk mewujudkannya maka diberlakukan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan SKKNI bidang Komunikasi dan Informatika. Peraturan Menteri ini bertujuan untuk mewujudkan tenaga kerja bidang komunikasi dan informatika yang kompeten dan profesional dalam meningkatkan daya saing nasional serta produktivitas lapangan usaha dan industri komunikasi dan informatika.

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 24 tahun 2015, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Bandung sebagai salah satu unit pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika, melaksanakan kegiatan “Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika Bagi Angkatan Kerja Muda”.

Kegiatan ini berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informatika yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini diperuntukkan bagi angkatan kerja muda yang memiliki latar belakang pendidikan (lulusan) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun (GRATIS).

Hati-hati terhadap tindak penipuan yang mengatasnamakan BPSDMP KOMINFO Bandung atau Kementerian Kominfo, pihak panitia resmi hanya akan menghubungi anda melalui salah satu nomor HP yang tercantum pada bagian narahubung di pengumuman ini.

FASILITAS BAGI PESERTA

  1. Konsumsi selama kegiatan berlangsung

  2. Uang saku

  3. Seminar kit

  4. Sertifikat keikutsertaan kegiatan

  5. Sertifikat Kompetensi berbasis SKKNI yang dikeluarkan BNSP apabila peserta dinyatakan kompeten (lulus uji kompetensi)

NARAHUBUNG

Narahubung hanya dapat dihubungi melalui Whatsapp, pada hari kerja Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 :

0821 8166 7265 (Ati Sumiati)

0822 1551 8727 (Ammy Rakhmiati)

0852 9490 4170 (Peronika Saruksuk)

PERSYARATAN UMUM CALON PESERTA

  1. Pendidikan minimal lulusan SMK jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun pada tanggal 30 September 2019

  3. Diutamakan belum bekerja

  4. Calon peserta diprioritaskan berdomisili di Kabupaten Indramayu

  5. Calon peserta diluar domisili Kabupaten Indramayu diperkenankan untuk mendaftar

  6. Kuota peserta maksimum 75 orang

PROSES PENDAFTARAN

  1. Sebelum melakukan pendaftaran online, calon peserta wajib mempersiapkan 1 dokumen digital dengan format PDF untuk diunggah pada saat pendaftaran, yang berisi hasil scan sebagai berikut :

  • Pas foto berwarna

  • KTP

  • Ijazah SMK

  • Transkip nilai

  • Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

 

Penamaan file dengan format : Nama_skema_yang_dipilih-Nama_Lengkap.pdf

Contoh :

Skema yang dipilih : Junior Networking Administrator (JNA)

Nama lengkap : JOHN DOE

Penamaan file : JNA-JOHN_DOE.pdf

 

Pendaftaran calon peserta hanya dilakukan secara online pada situs berikut ini :

https://s.id/daftar-skkni2019-indramayu

(Batas akhir pendaftaran 15 Oktober 2019 pukul 23:59:00)

PERSYARATAN APABILA PESERTA DINYATAKAN LULUS SELEKSI

  1. Tidak mengundurkan diri bila dinyatakan lulus seleksi dan bersedia mengikuti seluruh kegiatan (5 hari) hingga selesai dengan rincian :

    1. 3 hari pembekalan dan persiapan ujian sertifikasi; peserta akan diberikan materi pelatihan dengan durasi 24 jam pelajaran (@50 menit)

    2. 2 hari pelaksanaan ujian sertifikasi setiap peserta oleh asesor

  2. Membawa pas foto berwarna 3x4 sebanyak 3 lembar

  3. Membawa Foto copy KTP

  4. Membawa laptop/notebook pribadi yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang relevan dengan skema yang dipilih

  5. Peserta laki-laki dan perempuan wajib berpakaian rapi dan sopan: kemeja putih, bawahan hitam (tidak diperkenankan mengenakan celana jeans), dan memakai sepatu pada saat pelaksanaan kegiatan berlangsung

  6. Panitia tidak menyediakan fasilitas penginapan bagi peserta, apabila ada peserta dari luar Kabupaten Indramayu dipersilahkan mencari penginapan masing-masing

BAGIKAN: